Pengetahuan

Penting Diketahui 10 Fakta Tentang Website Berdasarkan EyeTracking

Fakta Tentang Bagaimana Orang Melihat Website Anda Berdasarkan EyeTracking – Memang banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk membuktikan bagaimana sebuah website dipandang para pengunjung. Penelitian ini akhirnya berhasil menyimpulkan beberapa jawaban yang menjadi fakta. Fakta-fakta yang didapat kemudian dimanfaatkan para pegiat situs untuk membuat konten lebih menarik.
Melalui penelitian eyetracking pada website, maka kita akan mengetahui dimana titik fokus banyak orang ketika melihat sebuah halaman website. Contohnya seperti di gambar di atas, gambar tersebut menunjukkan bahwa ada 4 perbedaan warna yang terlihat yaitu merah, kuning, biru, dan abu-abu. Bagian berwarna merah merupakan daerah yang menjadi fokus penglihatan. Warna kuning artinya mendapatkan sedikit fokus perhatian mata. Biru paling sedikit perhatian, sementara abu-abu tidak mendapatkan fokus perhatian sama sekali.

Baca Juga : Simak Cara Mengatasi Serangan Brute Force Pada WordPress

Dari hasil penilitian ini banyak fakta yang didapatkan salah satunya adalah para pembaca ternyata tidak membaca semua informasi secara menyeluruh. Karena pada gambar di atas ditemukan bahwa semakin banyak orang menggeser halaman website ke bawah, maka mereka semakin kehilangan fokus terhadap website. Ada banyak sekali fakta yang didapatkan, dan berikut ini adalah beberapa fakta tentang bagaimana orang melihat website anda. Di bawah ulasan lengkapnya.
  • Fakta Tentang Website

1. Teks Lebih Menarik Perhatian Ketimbang Gambar

Image: pexels.com
Meskipun banyak blogger yang mengatakan jika gambar lebih menarik daripada teks, namun menurut penelitian teks-lah yang lebih menarik ketimbang gambar. Apalagi jika sebuah website memaparkan informasi berita terkini, sudah pasti teks menjadi sorotan utama. Tapi bukan berarti karena alasan itu gambar tidak penting sama sekali dihadirkan dalam konten website, melainkan justru gambar bisa dijadikan warna dalam konten. Sebab, biasanya teks yang panjang akan sangat membosankan jika tidak disajikan bersama gambar.

2. Orang Mulai Melihat Website Anda Dari Sudut Kiri Atas

Image: pexels.com
Selanjutnya, dari hasil penelitian eyetracking didapatkan fakta baru bahwa kebanyakan orang akan melihat website dari sudut kiri atas, dimana ini dilakukan oleh hampir seluruh pembaca website. Oleh karenanya banyak yang menyarankan kalau sebaiknya bagian kiri paling atas diletakkan logo website atau banner iklan agar pengunjung bisa lebih mengingat nama website anda, dan sekaligus untuk meningkatkan penghasilan dari iklan.

3. Kebanyakan Pembaca Mengabaikan Iklan

Kebanyakan pembaca blog memilih fokus terhadap informasi yang dibaca sehingga kerap mengabaikan iklan khususnya banner. Sehingga sangat disarankan untuk menempatkan iklan di tempat yang strategis misalkan di bagian kiri paling atas, di dalam artikel, dan akhir artikel. Intinya yang dirasa bisa dilihat oleh semua orang.

4. Headline atau Judul Sering Menjadi Perhatian

Image: freenuts.com
Tentunya sebelum memutuskan membaca artikel secara lengkap kebanyakan orang akan memperhatikan headline atau judul dari informasi tersebut terlebih dulu. Dan besar kemungkinan hampir seluruh orang terpikat membaca artikel website dikarenakan judul yang menarik. Maka demikian, sangat disarankan anda untuk membuat judul artikel semenarik mungkin.

5. Daftar Bernomor Lebih Menarik Perhatian Daripada Paragraf Panjang

Image: pexels.com
Secara tidak sadar lebih banyak orang memilih membaca artikel bernomor.daripada artikel dengan paragraf panjang. Hal ini dikarenakan daftar bernomor dinilai lebih menarik ketimbang yang tidak. Jika anda bingung tentang bagaimana contoh artikel bernomor, maka ini adalah contoh artikel dengan daftar bernomor (artikel yang sedang anda baca ini).

6. Jenis Font Keren Sering Diabaikan Pengunjung

Image: pexels.com
Para pembaca tidak suka dengan jenis-jenis font yang terlihat keren apalagi jika sampai menyulitkan mereka membaca. Karena alasan mereka mengunjungi sebuah website tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk mencari informasi. Maka dari itu tidak heran jika para pembaca lebih suka dengan tampilan sederhana seperti memakai jenis font sewajarnya, dan interface minimalis.

7. Pengunjung Lebih Sering Melihat Tulisan Paling Bawah Artikel, dan Melewati Bagian Tengahnya

Image: pexels.com
Pengguna internet sekarang ini cenderung ingin mendapatkan informasi bersama kesimpulannya secepat-cepatnya. Sehingga mereka lebih memilih membaca judul, pembuka artikel, dan loncat langsung bagian akhir artikel tanpa membaca bagian tengahnya terlebih dulu. Membaca bagian akhir tentu bertujuan agar mendapatkan kesimpulan secara cepat dari informasi tersebut.

8. Paragraf Pendek Lebih Efektif Daripada Paragraf Panjang

Image: pexels.com
Artikel yang memiliki banyak paragraf pendek digadang-gadang lebih disukai para pembaca daripada yang memiliki paragraf panjang. Bisa saja artikel yang memiliki paragraf pendek dinilai lebih menarik dibaca dan relatif tidak membosankan.

9. Iklan pada Bagian Kiri dan Kanan Lebih Mendapatkan Perhatian

Image: pexels.com
Iklan yang diletakkan pada bagian sidebar kiri dan kanan dinilai lebih banyak mendapatkan perhatian menurut penelitian eyetracking. Bagian kiri dan kanan memang dirasa sangat tepat untuk meletakkan iklan seperti banner, dan sponsor lainnya. Bahkan iklan pada sidebar-lah yang biasanya kerap menghasilkan perolehan paling banyak di Googe Adsense.

10. Ukuran Gambar yang Besar Lebih Menarik Perhatian dari yang Kecil

Image: pexels.com
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa gambar menjadi salah satu pelengkap di sebuah artikel sehingga membuat informasi terkesan lebih menarik. Namun fakta eyetracking menyebutkan bahwa ukuran gambar yang besar lebih menarik perhatian ketimbang yang kecil. Tapi terlepas dari itu, tetap buat artikel dan tulisan yang berkualitas. Dan gambar tujuannya hanyalah sebagai pelengkap.

Baca Juga : Cara Mengganti Nama Facebook Yang Sudah Limit

Ya itu lah 10 Fakta Penting Tentang Website Berdasarkan EyeTracking .Semoga bermanfaat.  

vanz1337

Saya Adalah Seorang yang tertarik akan dunia teknologi, hobi saya ngidol+ngoding

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close
Advertisment ad adsense adlogger