PengetahuanSoftware

Pengertian SSH dan Manfaatnya

Pengertian SSH dan Manfaatnya – Bagi seorang programer atau web developer yang menggunakan sistem operasi berbasis Linux atau Unix tentu sudah sangat tidak asing lagi dengan istilah SSH, ya SSH client atau yang lebih dikenal dengan secure shell merupakan suatu protokol dalam topologi jaringan Internet yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman, cara kerja SSH ini tentu berbeda dengan protokol jaringan yang lain, pasalnya penggunaan secure shell (SSH) ini harus didukung dengan server ataupun perangkat dari komputer di masing-masing client dalam melakukan pertukaran data, artinya saat melakukan transder data keduanya harus memiliki server yang bertugas memberi data dan komputer client yang fungsinya untuk menerima data.
 
Jika ditinjau secara spesifik ada banyak sekali manfaat yang terdapat pada Secure shell (SSH) ini, baik itu digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin, ftp dan rsh, juga Secure shell (SSH) ini bisa juga digunakan menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. Hal ini berarti manfaat SSH bisa digunakan sebagai protect filter dan web controling terhadap jaringan yang kurang aman bagi penggunanya, nah berikut manfaat secure shell (SSH) yang perlu anda ketahui.
Manfaat SSH dapat digunakan oleh seorang operator untuk melindungi suatu data dan Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim, hal ini berarti jika ada data rahasia yang dikirim oleh seorang operator kepada client dapat dilindungi dari serangan cyber.
Selain itu juga Manfaat SSH dapat digunakan oleh seorang operator untuk pertukaran data dalam suatu jaringan, baik itu jaringan MAN, LAN dan juga WAN.
Manfaat SSH juga dapat digunakan sebagai Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman dari serangan cyber.
Manfaat SSH dapat digunakan oleh seorang operator untuk menjaga Kerahasiaan dan juga memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim, dengan kata lain orang yang tidak memiliki akses kepada protokol jaringan SSH tidak dapat mengakses atau melihat data yang dikirim oleh pengguna yang sah.
Manfaat menggunakan akun SSH secure shell juga dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan data di masing-masing pengguna ketika mengakses internet, hal ini tentu menguntungkan, pasalnya dengan adanya Akun SSH secure shell ini dapat dijadikan sebagai perantara koneksi internet Anda, topologi jaringan SSH ini secara otomais akan memberikan enskripsi pada semua data yang terbaca, baru mengirimkannya ke server lain.
Selain dapat melakukan enskripsi data, SSH Secure ini juga memiliki kemampuan yang cukup tinggi untuk melakukan Port Forwarding dimana seorang pengguna dapat Melakukan koneksi aplikasi TCP seperti webserver, mail server, FTP server dengan lebih aman dibangdingkan dengan menggunakan jaringan biasa.
Manfaat menggunakan akun SSH bisa digunakan untuk Melakukan koneksi dengan membypass atau melewati firewall atau proxy setempat.
Manfaat menggunakan akun SSH yang sering dicari oleh para pengguna Internet ialah dapat memanfaatkannya untuk kepentingan akses internet. Dengan menggunakan Akun SSH secara otomatis anda dapat mengelola VPS untuk dijadikan hosting ataupun fungsionalitas yang lain.
Dengan menggunakan Akun SSH, otomatis IP yang Anda gunakan akan bersifat statis dan dapat Anda gunakan secara privat atau bersifat personal, namun dengan catatan hanya Anda lah user dalam Akun SSH tersebut.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat menggunakan akun SSH ini, namun kami hanya merangkum sebagian besarnya, semoga dengan penjelasan saya diatas mengenai Pengertian SSH dan Manfaatnya dapat membantu menambah pemahaman para pembaca sekalian, semoga bemanfaat.

vanz1337

Saya Adalah Seorang yang tertarik akan dunia teknologi, hobi saya ngidol+ngoding

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close
Advertisment ad adsense adlogger