Pengetahuan

Google Adwords vs FB Ads: Platform Mana yang Lebih Efektif

Google Adwords vs FB Ads: Platform Mana yang Lebih Efektif? | Salah satu aspek yang berperan besar terhadap penjualan produk dan perkembangan sebuah bisnis adalah promosi. Dan, promosi rasanya wajib ada untuk jenis usaha apapun, baik yang baru dirintis atau sudah berjalan lumayan lama. Promosi sendiri tidak hanya semata bertujuan meningkatkan penjualan saja, melainkan juga membantu mengenalkan produk bersangkutan serta apa yang menjadi alasan orang lain tertarik membelinya? Kemudian untuk mencakup semua itu, maka banyak sekali pebisnis maupun pengusaha yang membuat iklan dengan kreatif.

Namun karena sekarang ini banyak produk berjenis sama dari berbagai macam perusahaan pesaing, tentu pilihan konsumen pun menjadi terbagi. Bisa saja orang yang satu membeli produk anda, tapi orang kedua justru akan membeli produk pesaing. Intinya pemilihan produk tidak bisa diprediksi secara pasti. Oleh karenanya satu-satunya cara agar lebih unggul dari pesaing adalah melakukan promosi secara gencar lewat berbagai media. Baik melalui media cetak, elektronik, hingga dunia maya.
Adapun jika bisnis anda masih baru dan tergolong masih rintisan, anda bisa melakukan promosi tanpa modal terlebih dulu. Misalkan melakukan broadcast ke berbagai grup dan forum yang dikira membutuhkan produk anda. Kemudian jika dirasa berhasil baru bisa mencoba melalui iklan berbayar. Iklan berbayar ini bisa dibilang cukup murah, namun bisa menjangkau target pasar secara tepat di seluruh Indonesia. Dan jika ingin mencobanya anda bisa menggunakan Google Adwords atau FB Ads. Kedua platform iklan ini digadang-gadang lebih relevan ketimbang memasang iklan di media cetak.

Google Adwords vs FB Ads, Iklan Mana yang Lebih Efektif?

Image: blackmint.org
Perlu diketahui sebelumnya bahwa Google dan Facebook memiliki platform periklanan berbayar masing-masing. Google dengan Adwords, dan Facebook dengan FB Ads-nya. Kedua perusahaan tersebut tentu memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Google sebagai mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan di dunia tentu menjadi tempat yang tepat untuk menampilkan iklan. Sementara Facebook merupakan jejaring sosial yang bisa dibilang tersukses serta memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Dan yang lebih penting, Facebook tidak kalah strategis dibanding Google apabila dalam hal penempatan iklan. Namun jika disarankan untuk memilih mana platform periklanan terbaik antara Google Adword atau FB Ads, kira-kira platform mana yang lebih efektif. Maka dari itu berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1. FB Ads (Facebook Ads)

Image: digitalmarketer.id
Facebook Ads merupakan layanan periklanan yang disediakan oleh jejaring sosial terbesar di dunia yaitu Facebook. Iklan pada platform ini kerap tampil pada sisi kanan jejaring Facebook serta berketerangan β€œSponsored” dan juga tidak jarang tampil pada bagian News feeds.
Facebook Ads atau sering disingkat FB Ads ini bahkan biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar berkelas internasional seperti Mozilla, berbagai ecommerce, dan lain sebagainya. Tentu tidak bisa dianggap remeh platform yang satu ini.
Ada beberapa kelebihan yang diunggulkan FB Ads, namun dibalik hal itu pasti pun disertai dengan kekurangan. Oleh karena itu berikut adalah kelebihan dan kekurangan FB Ads.
  • Kelebihan
Sudah diketahui bersama bahwa Facebook masih menjadi jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di dunia sekaligus menjadi yang tersukses. Dari hal itu didapati kalau Facebook pastinya menjadi tempat banyak orang bersosialisasi setiap harinya, entah itu membangun hubungan pertemanan hingga menjalin banyak relasi dengan orang baru. Intinya Facebook setiap hari selalu ramai dengan aktivitas banyak orang.
Melihat hal ini Facebook akhirnya membuat inovasi agar semua penggunanya bisa memasang iklan, misalkan mempromosikan suatu produk atau jasa. Bahkan lebih hebatnya lagi, dengan FB Ads ternyata kita bisa menentukan target iklan yang dipasang sebelum beriklan. Jadi anda bisa mengatur jenis kelamin, usia, status, bahasa, negara, hobi, dan masih banyak lagi sehingga iklan dinilai bisa tepat sasaran.

Baca Juga :  VioMagz Redesign By Bang Jarwis – Template Blogger 

Misalkan anda akan mempromosikan pakaian wanita di Jakarta, tentu disarankan mengatur jenis kelamin: wanita, dan mengatur wilayah Jakarta, serta negara Indonesia. Dengan pengaturan seperti itu, tentu harapannya promosi yang anda lakukan bisa tepat sasaran. Itulah salah satu kelebihan FB Ads yang pada dasarnya disukai para pengiklan.
  • Kekurangan
Salah satu kekurangan FB Ads yang paling terlihat adalah bahwa iklan ini hanya akan tampil di jejaring Facebook saja, sehingga sudah pasti yang tidak memiliki akun Facebook tidak akan bisa melihat iklan anda. Meskipun secara resmi menjadi jejaring sosial terbesar di dunia, namun tentunya tidak semua orang yang ada di dunia memiliki akun Facebook.

2. Google Adwords

Sedangkan Google Adwords merupakan sebuah platform periklanan yang dibuat oleh perusahaan ternamaan yaitu Google. Meskipun kini merambah ke bidang teknologi, namun Google lebih dikenal sebagai salah satu perusahaan mesin pencari terbesar di dunia. Hampir mayoritas manusia di dunia menggunakan fasilitas mesin pencari Google untuk berselancar di dunia maya. Dari hal itu tentu kualitas platform periklanan Google tidak perlu kita ragukan lagi.
  • Kelebihan
Jika anda mengiklan menggunakan Google Adword, maka nantinya iklan akan tampil di mesin pencari. Sedangkan kita sendiri tahu bahwa Google menjadi mesin pencari terbesar saat ini, otomatis sudah pasti mereka memiliki pangsa pasar yang sangat besar di seluruh dunia.

Baca Juga : Inilah 9 Framework Membuat Aplikasi Mobile Terbaik

Menggunakan Google Adwords kita juga dapat mengatur lokasi letak iklan yang mudah dilihat oleh orang lain. Kita pun dapat memilih kategori iklan sehingga jika orang lain mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan produk, maka iklan akan ditampilkan secara otomatis. Ini tujuannya agar iklan bisa tepat sasaran dan lebih relevan dengan yang dibutuhkan pengguna.
Lebih hebatnya lagi, untuk melihat iklan tersebut pengguna tidak harus login ke Google terlebih dulu. Tentu ini menjadi kelebihan tersendiri, sebab kebijakan tersebut akan membuat iklan mendapat jangkauan yang lebih besar.
  • Kekurangan
Sedikit kekurangan adalah jika iklan terdapat link yang cukup mencurigakan, atau seandainya iklan melanggar kebijakan Google Adwords. Tanpa basa-basi iklan akan di-banned secara otomatis dan pastinya permanen. Jadi sebelum memutuskan beriklan, sangat disarankan untuk membaca kebijakan yang ditetapkan oleh Google Adwords terlebih dulu agar kita tidak melanggar peraturan tersebut.
Dan yang tidak kalah penting, karena Google Adwords memiliki jangkauan yang lebih luas ketimbang FB Ads, maka digadang-gadang biaya yang dikeluarkan pun cukup besar.

Kesimpulan

Sudah diketahui bersama bahwa mengiklan di FB Ads maupun di Google Adwords memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kedua platform tersebut memiliki pangsa pasarnya masing-masing. FB Ads dapat mengatur jenis kelamin, batasan usia, wilayah, dan lain sebagainya yang tujuannya untuk membuat iklan tepat sasaran. Tapi sayangnya, iklan FB Ads hanya ditampilkan di Facebook saja. Namun mengenai biaya dinilai lebih murah ketimbang Google Adwords.

Baca Juga : Simak Cara Mengatasi Serangan Brute Force Pada WordPress

Adapun Google Adwords sendiri memang memiliki jangkauan pasar yang lebih luas, mencakup seluruh dunia. Tapi seperti diketahui, biaya dari promosi ini terbilang cukup mahal. Intinya kedua platform periklanan tersebut sama saja, yakni sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan yang cukup kentara. Namun berhasil atau tidaknya suatu promosi tidak dipengaruhi suatu platform atau layanan periklanan yang digunakan, melainkan kembali lagi pada berapa besar bujet yang akan anda keluarkan, bagaimana mengoperasikannya, memprediksi pasar, dan lain sebagainya. Itulah beberapa hal yang cukup besar mempengaruhi promosi.
Terima kasih semoga bermanfaat guys …

vanz1337

Saya Adalah Seorang yang tertarik akan dunia teknologi, hobi saya ngidol+ngoding

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close
Advertisment ad adsense adlogger