LinuxPengetahuanUbuntu

Cara Backup dan Restore Database MySQL di Server Linux

Cara Backup dan Restore Database MySQL di Server Linux – Jika anda seorang pengguna komputer atau bahkan jika anda seorang webmaster yang memiliki beberapa website di Internet tentu kehilangan data-data penting yang ada di dalam website anda bisa menjadi hal yang buruk bahkan hal tersebut bisa menjadi menyeramkan, pasalnya kehilangan data-data penting baik itu file berbentuk dokumen, artikel atau gambar sama saja dengan kerja keras anda hilang, nah oleh sebab itu banyak para webmaster atau pengguna komputer yang melakukan segala cara untuk melindungi dokumen pentingnya, baik itu dengan menyimpannya ke dalam flash disk ataupun dengan mem-back up database ke komputer mereka sendiri.
Menariknya, ternyata cara backup dan restore database pada MySQL di dalam sebuah komputer atau website sangatlah mudah sekali, dimana anda hanya perlu memahami fitur-fitur yang terdapat dalam website ataupun komputer itu sendiri, nah untuk membantu anda dalam backup dan restore database MySQL, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai cara backup dan restore database pada Mysql di server berbasis VPS Linux. Prosedur dan tutorial di bawah ini ini sangat mudah dan bisa sangat membantu terutama jika Anda menyimpan semua database mysql website anda ke dalam database tunggal atau di flash disk.
Tutorial cara Back up database MySQL
1. Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk melakukan backup dan restore database MySQL pada website anda ialah dengan terlebih dahulu log in ke server website Anda, jika anda menggunakan VPS linux anda bisa login melalui SSH dengan menggunakan program bernama putty.
2. Jika anda sudah login ke server, maka langkah selanjutnya ialah dengan menjalankan beberapa perintah untuk membuat file backup dari database Anda dan menyalin file backup pada PC (personal komputer) Anda atau anda juga bisa menyalinnya ke direktori yan berbeda pada server Anda. Adapun perintahnya adalah:
mysqldump -u username -pkatasandi nama-database > nama-backup.sql

Jangan lupa untuk mengganti username dengan nama pengguna mysql Anda dan katasandi dengan password dari pengguna tersebut, juga ganti nama-database dengan nama database anda dan nama-backup.sql bisa Anda ganti sesuka hati.
3. Setelah anda menjalankan perintah tersebut, maka langkah selanjutnya silahkan masukan username dan kata sandi anda untuk memulai backup database.
4. Nah jika sudah maka secara otomatis database anda sudah ter-backup
Tutorial cara Restore database MySQL
Nah jika anda sudah membuat backup dari databasenya dan kemudian suatu hari website anda diretas atau terjadi kecelakaan yang menyebabkan semua data penting pada website anda hilang, maka anda bisa melakukan restore database dari hasil backup sebelumnya ke dalam server web anda, adapun Untuk mengembalikan file backup anda harus menjalankan perintah berikut:
mysql -u username -pkatasandi nama-database < nama-backup.sql
Catatan:
Ubah username dengan nama pengguna Anda, katasandi dengan password dari pengguna Anda dan nama-database dengan nama database dan juga nama-backup.sql dengan nama file backup yang Anda buat sebelumnya. Jika sudah maka secara otomatis database anda sudah kembali normal.
Mungkin hanya itu ulasan kami mengenai Tutorial Cara Backup dan Restore Database MySQL di Server Linux, semoga dengan penjelasan kami diatas berguna bagi pembaca sekalian, semoga bermanfaat.

vanz1337

Saya Adalah Seorang yang tertarik akan dunia teknologi, hobi saya ngidol+ngoding

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close
Advertisment ad adsense adlogger