SoftwareToolsTutorial

Apa itu Two Factor Authentication? Keamanan Ganda Digital Paling Ampuh

Apa itu Two Factor Authentication?  Keamanan Ganda Digital Paling Ampuh .
Banyaknya terjadi peretasan akun digital yang bersifat privasi seperti jejaring sosial, email, PayPal, dan masih banyak lainnya akhirnya membuat beberapa pihak pengembang melahirkan inovasi baru di bidang pengamanan akun-akun digital, yakni dengan menciptakan sistem pengamanan ganda yaitu Two Factor Authentication.
Penciptaan sistem tersebut tentu untuk menekan terjadinya peretasan atau pembajakan data-data yang bersifat privasi. Dengan hadirnya teknologi Two Factor Authentication atau verifikasi dua langkah memang terbilang ampuh untuk menjamin keamanan. Ditambah lagi teknologi tersebut umumnya mewajibkan pengguna untuk mengintegrasikan nomor telepon atau email. Jadi jika yang mencoba mengakses akun, pemberitahuannya akan dikirim melalui nomor telepon atau email yang tercantum. Sehingga kemungkinan terjadinya peretasan akun bisa diminimalkan sekecil mungkin.

Pengertian Two Factor Authentication – Apa itu Two Factor Authentication?

Two Factor Authentication atau verifikasi dua langkah adalah sebuah fitur opsional keamanan, dimana fungsinya untuk lebih mengamankan akun anda dari berbagai kejahatan digital, salah satunya adalah peretasan. Verifikasi dua langkah sendiri sudah digunakan oleh banyak pengembang di dunia untuk mengamankan data-data milik penggunanya, bahkan Facebook salah satu jejaring sosial ternamaan pun menggunakan fitur ini, begitu juga Google, WhatsApp, dan masih banyak lainnya.
Teknologi pengamanan ini memang terbukti ampuh untuk meminimalisir pencurian privasi berbasis digital milik seseorang. Hal yang berkaitan privasi memang baiknya dirahasiakan serahasia mungkin, sebab jikalau disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab maka akan fatal akibatnya. Bukan saja nama baik yang tercemar, bisa saja privasi anda digunakan untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Misalnya untuk kegiatan tipu menipu dan sejenisnya. Oleh sebab itu untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka verifikasi dua langkah hadir untuk lebih mengamankan akun jejaring sosial, email, internet payment, penyimpanan cloud, dan lain-lain yang memang menjadi milik anda.

Fungsi Two Factor Authentication – Apa Fungsi Two Factor Authentication?

Fungsi verifikasi dua langkah ini yakni untuk memberikan keamanan ganda terhadap akun yang terdapat di layanan-layanan online. Bahkan tidak hanya Facebook saja, banyak jejaring sosial yang menerapkan sistem pengamanan ini guna menjamin keamanan akun-akun pengguna, seperti Instagram, Snapchat, dan Twitter.
Layanan online lain juga turut serta menggunakan pengamanan ini, beberapa diantaranya adalah Google, Amazon, Microsoft, DropBox, Paypal, WhatsApp dan lain-lain. Penerapan tersebut tujuannya untuk memberikan penggunanya rasa aman terhadap risiko kejahatan-kejahatan digital.

Cara Kerja Two Factor Authentication

Keamanan verifikasi dua langkah ini biasanya memanfaatkan nomor telepon penggunanya agar lebih aman. Karena nomor telepon sifatnya pribadi, termasuk pesan dan panggilan yang masuk juga rasanya bersifat pribadi. Artinya hanya pemilik nomor telepon bersangkutan-lah yang dapat mengakses hal tersebut. Oleh karenanya, tidak salah keamanan ini mengandalkan nomor telepon sebagai media verifikasi.
Image: wiki.opnsense.org
Cara kerja keamanan ini terbilang sederhana, namun sulit untuk dibobol atau dimanipulasi oleh para peretas. Berikut adalah cara kerja verifikasi dua langkah ini secara singkat:
  • Pemilik akun (yang menggunakan sistem verifikasi dua langkah) biasanya akan dimintauntuk memasukan informasi nomor telepon sebagai pelengkap data dari akun sosial media miliknya.
  • Ketika menggunakan verifikasi dua langkah, sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang didaftarkan sebelumnya.
  • Kemudian pemilik akun diminta untuk mengisi kolom kode pada halaman sosial media, biasanya enam digit yang dikirimkan ke nomor telepon tadi.
Jadi jika pengguna mengaktifkan fitur Two Factor Authentication atau verifikasi dua langkah, maka setiap ingin login ke jejaring sosial atau yang lain. Pengguna diminta untuk memasukan kode yang dikirim melalui nomor telepon yang sudah diverifikasi sebelumnya. Kode tersebut kemudian dimasukkan pada kolom kode yang disediakan layanan online bersangkutan.
Dengan demikian, akun privasi yang dimiliki pengguna akan lebih sulit untuk diretas. Hal ini dikarenakan akun tersebut sudah terintegrasi dengan nomor pemilik akun. Maka dari itu, jika ada orang tidak dikenal mencoba login ke akun tersebut, maka ia harus memiliki akses ke nomor telepon si pemilik akun (korban) untuk mendapatkan kode verifikasi, barulah orang tidak dikenal itu dapat masuk ke akun korban. Tentu saja dengan verifikasi kode melalui nomor telepon terasa lebih aman. dan ini otomatis akan menyulitkan para peretas membajak akun privasi seseorang. Begitulah singkatnya cara kerja sistem verifikasi dua langkah ini.
Semoga bermanfaat .

vanz1337

Saya Adalah Seorang yang tertarik akan dunia teknologi, hobi saya ngidol+ngoding

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close
Close
Advertisment ad adsense adlogger