NewsPengetahuan

Apa itu Online Revolution? Kampanye Besar-Besaran Dari ecommerce Indonesia

Apa itu Online Revolution? Kampanye Besar-Besaran Dari ecommerce Indonesia Kemajuan zaman dan perkembangan teknologi rasanya sudah cukup banyak membantu manusia menjadi lebih produktif, itu juga sekaligus membuat lahirnya berbagai inovasi-inovasi baru yang pastinya memudahkan manusia dalam melakukan beberapa hal. Ada salah satu inovasi nyata yang terlahir karena perkembangan teknologi, dan inovasi tersebut adalah ecommerce.

ecommerce adalah perusahaan yang bergerak di bidang digital baik itu menjual barang atau melakukan pertukaran informasi melalui internet atau jaringan komputer lainnya. Dan fenomena ecommerce sendiri rasanya sudah menyebar di dunia bahkan tanah air sendiri pun ikut merasakannya. Ada beberapa contoh ecommerce yang bersaing di Indonesia seperti Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, dan masih banyak lagi.
Meskipun mereka saling bersaing, tapi nyatanya ada satu hari penuh yang mana mereka serentak melakukan kampanye atau promosi secara besar-besaranya. Kampanye tersebut disebut dengan online revolution. Berikut akan diulas secara lengkap mengenai online revolution tersebut.

Pengertian Online Revolution – Apa itu Online Revolution?

Image: entrepreneur.com
Online revolution sebenarnya adalah sebuah event yang diselenggarakan setiap tanggal 12 Desember oleh banyak perusahaan ecommerce di Indonesia. Ada alasan pasti mengapa pada hari itu setiap pelaku ecommerce melakukan kampanye besar-besaran, sebab hari itu akan diperingati “Hari Belanja Online Nasional”. Sehingga tidak heran apabila banyak terjadi penjualan pada hari itu.
Hari belanja online nasional sendiri sudah dimulai sejak tahun 2012 (yakni 12-12-2012), dan itu dipertimbangkan karena eksistensi pasar online di Indonesia sudah cukup banyak jumlahnya. Tingkat kepercayaan konsumen akan toko online pun bisa dikatakan meningkat dari waktu ke waktu. Satu hal lagi yang paling penting, juga yang menjadi alasan diselenggarakannya hari tersebut adalah karena pengguna internet di tanah air sudah sangat banyak bahkan mencapai angka 63 juta, angka tersebut terus meningkat seiring bertambahnya waktu. Intinya event ini diperingati dalam rangka untuk menggerakan maju sistem belanja tradisional ke sistem pasar online.

Mengapa Online Revolution?

Image: ytimg.com
Jika anda memang kerap melakukan transaksi atau menjadi konsumen di pasar online, maka sangat disarankan agar turut melakukan pembelian pada hari tersebut. Karena diadakan besar-besaran tentunya banyak diskon atau bonus dan hal-hal menarik lainnya selama acara tersebut berlangsung dan pastinya juga akan berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Harapannya event ini pun membuat anda bisa membawa pulang produk-produk yang selama ini diminati dengan harga lebih murah.
Ditambah lagi keaktifan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet juga membuat meningkatkan kesadaran pebisnis UKM hingga pebisnis modal besar dalam memanfaatkan internet sebagai pasar yang cukup potensial. Hingga tidak heran apabila event ini cenderung sukses dalam pelaksanaannya.
Adapun kesimpulan yang bisa diambil dari kampanye ini bisa jadi untuk meningkatkan pengalaman pengguna atas pasar online yang selama ini kerap diragukan karena rentan terjadinya penipuan. Serta meningkatkan partisipasi UKM agar berkontribusi dalam memanfaatkan internet sebagai pasar potensial. Dan yang lebih penting, pastinya untuk mengembang tumbuhkan perekonomian di Indonesia.

11/11 atau 12/12 Diadakan Event Online Revolution?

Sebenarnya ada dua tanggal diselenggarakannya event online revolution ini di tanah air, yakni tanggal 11 November dan 12 Desember. Namun pada 11/11 tersebut acara Online Revolution hanya diselenggarakan secara inisiatif oleh Rocket Internet Group, dan salah satu ecommerce yang berada di bawah naungan perusahaan tersebut adalah Lamido.co.id, serta sekaligus merupakan bagian dari Lazada Indonesia. Artinya acara ini tidak akan dilaksanakan serentak oleh ecommerce di Indonesia, melainkan hanya yang berada di bawah naungan Rocket Internet Group seperti Lamido, Lazada, Lamudi, FoodPanda, dan lain sebagainya.
Sementara pada 12/12 adalah acara resmi Online Revolution yang akan dimeriahkan oleh hampir semua ecommerce besar di Indonesia. Maka sangat sayang jika anda melewatkan event menarik ini. Bahkan acara Online Revolution pun digadang-gadang akan membawa dampak baik bagi Indonesia, karena akan membuat peningkatan dalam hal penggunaan internet di Indonesia untuk bidang ekonomi.
Terima kasih …

vanz1337

Saya Adalah Seorang yang tertarik akan dunia teknologi, hobi saya ngidol+ngoding

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close
Advertisment ad adsense adlogger