ToolsWordpress

5 Plugin Optimasi Gambar terbaik Untuk Mempercepat Blog

5 Plugin Optimasi Gambar terbaik Untuk Mempercepat Blog Blog yang dapat diakses dengan cepat merupakan suatu impian dan primadona bagi para blogger, karena salah satu alasan blog disukai visitor adalah faktor kecepatan website tersebut. Sebuah website atau blog yang cepat akan sangat memudahkan pengguna memperoleh informasi dengan segera. Sementara website atau blog yang lambat diakses kerap ditinggalkan para visitornya, alasannya adalah karena pembaca cenderung tidak suka menunggu apalagi ketika sedang mencari informasi. Dan saat website pengguna lambat diakses, bisa jadi visitor akan menutupnya kemudian mencari blog lain yang dapat diakses dengan lebih cepat dan mudah.

Adapun salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi blog berjalan lambat adalah dengan mengoptimalkan ukuran gambar yang diunggah ke blog. Pasalnya, salah satu penyebab lambatnya blog saat diakses adalah karena ukuran gambar terlalu besar. Oleh sebab itu, mengoptimalkan ukuran gambar merupakan salah satu cara jitu yang dapat digunakan untuk mempercepat blog saat diakses.

Ada beberapa plugin—WordPress—yang bisa digunakan pengguna untuk mengoptimalkan gambar sehingga membuat blog bisa diakses lebih cepat. Berikut ini adalah 5 plugin optimasi gambar terbaik yang wajib diketahui.

1. WP Smush

Image: wordpress.org
WP Smush merupakan sebuah plugin yang dikembangkan oleh WPMU DEV dan berguna untuk mengecilkan serta mengoptimalkan ukuran gambar. Adapun cara kerjanya, plugin ini akan mengoptimalkan ukuran gambar secara otomatis ketika diunggah dan juga memiliki pilihan optimasi gambar secara masal. Sayangnya, opsi optimasi secara masal dibatasi hingga 50 file gambar saja dalam sekali proses.
Sedangkan jika anda tidak suka dengan pilihan optimasi masal, WP Smush juga mempunyai fitur lain yang menawarkan pilihan untuk mengoptimalkan gambar satu demi satu dengan masuk ke media library blog anda, dan pilih file mana saja yang ingin anda optimalkan ukurannya.

2. EWWW Image Optimizer

Image: commercegurus.com
EWWW Image Optimizer juga merupakan salah satu plugin yang berfungsi untuk mengotimalkan ukuran gambar. Plugin ini sudah sangat populer di kalangan pengguna WordPress serta hampir digunakan oleh seluruh pegiat website berlabel WordPress.
Selain dapat mengoptimalkan ukuran bermacam format gambar, EWWW Image Optimizer juga memiliki fitur pengoptimalan cloud yang pastinya sangat membantu dalam mempercepat akses blog anda.

3. ShortPixel

Image: wpsmackdown.com
ShortPixel merupakan plugin optimasi yang dapat bekerja sangat baik untuk mengoptimalkan beberapa jenis gambar seperti JPG, PNG, GIF, dan bahkan file PDF. Plugin yang satu ini juga memiliki keunggulan yang dapat mengoptimasi suatu gambar tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut, sehingga tidak heran jikalau plugin ini banyak disukai oleh para blogger.
Keunggulan lainnya dari ShortPixel adalah mampu mengoptimasi masal gambar secara otomatis saat pengguna mengunggahnya ke blog. Selain itu, fitur lainnya yakni memungkinkan pengguna untuk memilih antara metode kompresi lossy dan lossless yang tentunya sangat berguna untuk menentukan kualitas gambar. Fitur lain yang ditawarkan ShortPixel rupanya ada banyak sekali, yang bisa jadi tidak dimiliki plugin lain.
Sayangnya, pengguna gratis hanya dapat mengkompresi gambar sebanyak 100 per bulannya. Sedangkan untuk pengguna premiun dapat mengkompresi gambar hingga 55000 per bulan.

4. Optimus

Image: robgoodlatte.com
Plugin optimasi gambar selanjutnya adalah Optimus: merupakan plugin terbaik yang berhasil dikembangkan oleh salah satu penyedia CDN ternamaan yakni KeyCDN. Plugin ini memiliki pengaturan sederhana yang membuat pengguna mudah dalam mengoperasikannya, namun juga memberikan kinerja luar biasa. Meskipun Optimus serta menawarkan fitur optimasi secara otomatis, tapi plugin ini dirasa sedikit memiliki kekurangan yakni tidak menampilkan detail kompresi dari setiap file. Jadi pengguna mau tidak mau harus membandingkan file secara manual guna memperhatikan perbedaan ukuran gambar setelah dan sebelum dikompresi.
Dibalik kekurangan tersebut, Optimus juga mempunyai kelebihan tersendiri seperti—tidak  hanya dapat mengoptimalkan gambar yang diunggah saja, tapi juga beberapa gambar berukuran yang dibuat oleh WordPress juga ikut ter-optimasi dengan otomatis. Adapun gambar-gambar yang dibuat oleh WordPress salah satunya adalah thumbnail.

5. WP Compress

Image: wpcompress.com
WP Compress merupakan salah satu pemain baru untuk plugin pengoptimalan gambar yang ternyata dapat digunakan leluasa secara gratis. Meskipun terbilang pendatang baru, mengenai fitur WP Compress tidak mau kalah dengan plugin optimasi gambar lainnya. Plugin ini bisa digunakan dengan mudah bahkan hanya dengan satu klik maka gambar-gambar yang anda unggah akan teroptimasi namun tetap memiliki kualitas tinggi. Dalam artian, plugin ini dapat mengoptimalkan gambar dengan tingkat kompresi tinggi dan akan menghasilkan gambar berukuran kecil, tetapi gambar tersebut masih terlihat berkualitas tinggi seperti aslinya. Itulah salah satu alasan mengapa banyak pengguna WordPress yang mempercayakan urusan optimasi gambar kepada plugin ini.
Adapun beragam fitur kegunaan lain yang ditawarkan oleh WP Compress seperti menyediakan kompresi masal dengan satu klik, kompresi gambar manual, backup cloud tidak terbatas, dan lain sebagainya. Hebatnya lagi plugin ini rupanya tidak melakukan proses kompresi di server pengguna secara langsung melainkan dari server WP Compress sehingga proses kompresi tidak akan mengganggu kinerja website anda.

vanz1337

Saya Adalah Seorang yang tertarik akan dunia teknologi, hobi saya ngidol+ngoding

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close
Advertisment ad adsense adlogger