HostingPengetahuanPHPWordpress

4 Teknologi Web Hosting yang Digunakan Hingga Sekarang

4 Teknologi Web Hosting yang Digunakan Hingga Sekarang Perkembangan dunia blog yang semakin pesat rupanya melatarbelakangi tumbuhnya berbagai layanan jasa web hosting yang menyediakan kebutuhan dan keperluan bagi para blogger. Adapun setiap layanan web hosting sudah pasti menawarkan berbagai fitur unggulan kepada para kliennya dan menunjukkan kelebihan layanan masing-masing.
Setiap layanan hosting juga menawarkan pelayanan terbaik agar klien dapat lebih nyaman dalam menggunakan fasilitas yang disediakan. Bahkan untuk menunjukan kualitas kepada klien, setiap layanan penyedia web hosting pun turut menggunakan teknologi modern yang berbeda-beda. Setidaknya kini ada 4 teknologi web hosting yang digunakan hingga sekarang. Dan berikut adalah teknologi tersebut.

1. SSD Storage

Image: flickr.com
SSD storage adalah singkatan dari Solid State Disc, merupakan perkembangan media penyimpanan fisik yang tidak lagi menggunakan disk berputar sebagai media simpan datanya. Namun menggunakan sekumpulan chip memori berkapasitas tinggi dan tentu dijamin lebih tahan terhadap redundansi, mengingat pada SSD tidak ada lagi namanya elemen bergerak seperti disk yang digunakan di HDD.
Teknologi ini akhirnya diterapkan pada penyimpanan hosting modern. Dengan teknologi tersebut, hosting yang menggunakannya pasti akan mendapatkan kecepatan akses data yang sangat tinggi, otomatis akan berdampak positif kepada kecepatan loading website yang menggunakan penyimpanan SSD.
Perlu diketahui bahwa Indoworx merupakan salah satu layanan penyedia hosting menggunakan penyimpanan SSD yang mungkin menjadi pertama kalinya di tanah air. Sehingga tidak perlu lagi diragukan perkara kecepatan jika menggunakan hosting dari kami. Sebab kami akan memberikan jaminan tersebut kepada anda dengan pelayanan terbaik.

2. Cloud Hosting Server

Image: aldened.com
Cloud Hosting Server merupakan layanan yang terkoneksi dengan banyak server, yang tujuannya untuk meningkatkan sekuritas terhadap akses website pada tiap-tiap server bersangkutan. Dan cara kerjanya adalah melakukan permintaan HTTP ke web browser, maka permintaaan akan dialihkan ke server terdekat melalui mekanisme request routing yang ada. Sehingga dengan itu Cloud Hosting Server dipercayai memiliki kecepatan akses yang tinggi dibandingkan non cloud hosting.
Beberapa kelebihan yang biasanya disediakan oleh Cloud Hosting Server meliputi full customizable hardware parameter sesuai kebutuhan, kinerja dan kecepatan akses stabil, dan masih banyak lainnya.
Kabar baiknya lagi, Indoworx juga menyediakan hosting berjenis Cloud Hosting Server berkualitas yang tentu akan memudahkan anda dalam mengembangkan website.

3. Database Server with REDIS Cache

Image: ps.w.org
Meskipun masih terdengar asing, rupanya tidak sedikit penyedia layanan hosting bertaraf international yang menyediakan fitur database server with REDIS Cache. Cache atau caching sendiri adalah konsep penyimpanan data sementara yang kemudian akan diproses kembali. Adapun hosting yang sudah menggunakan teknologi REDIS Cache pada server database-nya, maka proses read-and-write-statement SQL akan dilakukan pada database dengan mekanisme cache.
Sederhananya, REDIS Cache akan menyimpan data ke disk hanya jika pada halaman cache kosong, dan membaca disk jika pada cache tidak ada yang dikerjakan. Dengan demikian kebutuhan akses ke disk database pada hosting bisa dikurangi secara signifikan karena sudah dipenuhi oleh teknologi REDIS Cache.
Bahkan beberapa perusahaan terkenal sudah menerapkan teknologi ini pada servernya, salah satunya adalah Twitter menggunakan REDIS Cache untuk menangani permintaan akses tweet per detik yang jumlanya terlampau sangat banyak.

4. Content-Delivery Network Technologies (CDN)

Image: seoclerk.com
CDN merupakan teknologi hosting yang menyediakan akses terhadap file statis dari public network. File statis tersebut bisa berupa media CSS, Javascript, video, dan konten lainnya. Cara kerjanya adalah file statis disimpan sebagai unit CDN lalu kemudian akan diproses agar memberikan loading akses hosting dan website yang lebih cepat.
Tujuan CDN sendiri tidak lain yakni untuk memberikan kecepatan akses ke file statis website, dan pula memberikan kecepatan proses caching dengan cara mengakses konten melalui server yang memliki waktu respons paling sedikit.
Teknologi CDN biasanya tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Seperti CloudFlare merupakan layanan CDN populer yang memungkinkan setiap orang menggunakannya secara gratis.
Adapun sebagai salah satu layanan penyedia hosting berkualitas di tanah air, Indoworx tidak ketinggalan menyediakan fitur intergrasi CDN ke hosting dan website secara mudah. Kami juga sudah didukung oleh Cloudflare sehingga anda dapat segera menggunakannya.

vanz1337

Saya Adalah Seorang yang tertarik akan dunia teknologi, hobi saya ngidol+ngoding

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close
Advertisment ad adsense adlogger