Mencegah Website Dari Serangan SQL Injection (SQLI)


https://ix-cdn.brightedge.com/images/67789/67789_8ecbc857cd104f6caa74582d11a037f9_1505352761.jpg

Hallo Gan Disini Saya Akan Share Cara Mencegah Serangan SQL Injection Dalam Sebuah Website , Pastinya Anda Tidak Asing Dengan Kata SQL Injection , SQL Injection adalah teknik hacking yang ditujukan untuk menyerang database SQL server. Caranya yaitu dengan memanfaatkan celah yang ada dan penempatan kode SQL server, dengan memasukan kode berbahaya melalui input masuk halaman suatu situs.


Ada beberapa skenario yang membuat serangan SQL Injection menjadi mungkin. Penyebab paling umum adalah kasus di mana Anda secara dinamis membangun pernyataan SQL tanpa menggunakan parameter yang dibuat dengan benar. Sebagai contoh, perhatikan kode query SQL ini yang dicari oleh Penulis berdasarkan nomor jaminan sosial yang diberikan melalui QueryString:
Jika Anda memiliki kode SQL seperti potongan di atas, maka seluruh database dan aplikasi Anda masuk ke golongan rentan. Bagaimana? Nah dalam skenario, hacker biasanya akan mencoba membobol situs menggunakan nomor jaminan sosial yang akan dilakukan seperti:
Ini akan dilakukan seperti apa yang developer harapkan, dan pencarian database untuk informasi penulis disaring oleh nomor jaminan sosial. Tetapi karena nilai parameter QL belum dikodekan, hacker bisa dengan mudah mengubah nilai querystring untuk menanamkan pernyataan SQL tambahan setelah nilai untuk mengeksekusi. Sebagai contoh:
Perhatikan bagaimana saya bisa menambahkan ‘;DROP DATABASE pubs —  dengan nilai querystring SSN dan menggunakannya untuk mengakhiri pernyataan SQL saat ini (melalui karakter “;”), dan kemudian menambahkan sendiri pernyataan SQL yang berbahaya untuk string , dan kemudian keluar comment sisa pernyataan (melalui karakter”-” ). Karena kita hanya secara manual concatenating pernyataan SQL ke dalam kode kita, kita akan berakhir dengan melewati semua ini ke database, yang akan mengeksekusi query pertama terhadap tabel editor, dan kemudian menghapus tabel database pub kita. Dan semuanya akan hilang begitu saja
Dalam kasus ini Anda harus berpikir tentang ide hacker anonim yang akan mencoba menghapus tabel database Anda. Alih-alih hanya menghancurkan data, hacker malah bisa menggunakan kerentanan kode di atas  untuk melakukan JOIN dan mengambil semua data dalam database Anda dan menampilkannya pada sebuah halaman (yang memungkinkan mereka untuk mengambil username / password / credit-card). Mereka juga bisa menambahkan pernyataan UPDATE / INSERT untuk memodifikasi harga produk, menambahkan admin baru, dan benar-benar mengacaukan hidup Anda.
Bagaimana Anda melindungi diri Anda dari semua hal buruk tersebut?
Serangan SQL Injection adalah sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Tentang terlepas dari teknologi pemrograman web yang Anda gunakan. Beberapa aturan yang sangat dasar Anda harus selalu Anda ikuti :
1) Jangan membangun Laporan SQL dinamis tanpa menggunakan mekanisme parameter encoding yang aman. Kebanyakan API data (termasuk ADO + ADO.NET) memiliki dukungan untuk memungkinkan Anda untuk menentukan dengan tepat jenis parameter yang disediakan (misalnya: string, integer, tanggal) dan dapat memastikan bahwa mereka dikodekan bagi Anda untuk menghindari hacker yang mencoba untuk memanfaatkannya. Selalu menggunakan fitur ini.
Misalnya, dengan SQL dinamis menggunakan ADO.NET Anda bisa menulis ulang kode di atas seperti di bawah ini untuk membuatnya aman:
Ini akan mencegah seseorang yang mencoba menyelinap ke dalam SQL, dan menghindari masalah data lainnya. Perhatikan bahwa desainer TableAdapter/DataSet built-ke VS 2005 menggunakan mekanisme ini secara otomatis, seperti halnya ASP.NET 2.0 kontrol sumber data.
Salah satu kesalahan persepsi umum adalah bahwa jika Anda menggunakan SPROCs atau ORM, Anda benar-benar aman dari Serangan SQL Injection. Hal ini tidak benar. Anda masih perlu untuk memastikan Anda berhati-hati ketika Anda melewati nilai ke SPROC, dan / atau ketika Anda pergi atau menyesuaikan permintaan dengan ORM yang Anda akan melakukannya dengan cara yang aman.
2) Selalu melakukan peninjauan keamanan aplikasi Anda sebelum menggunakannya. Titik ini adalah suatu yang super penting. Terlalu sering saya dengar dari tim yang melakukan peninjauan keamanan benar-benar rinci sebelum pergi tinggal, kemudian memiliki beberapa “benar-benar kecil” update mereka membuat ke situs minggu/bulan kemudian di mana mereka Sign In melakukan peninjauan keamanan. Selalu melakukan review keamanan.
3) Jangan pernah menyimpan data sensitif di dalam teks di dalam database. Pendapat pribadi saya adalah bahwa password harus selalu hash satu arah. ASP.NET 2.0 API melakukannya untuk anda secara otomatis secara default. Jika Anda memutuskan untuk membangun sendiri databese toko member Anda, saya akan merekomendasikan memeriksa sumber kode untuk pelaksanaan penyedia member kita sendiri bahwa kita dipublikasikan di sini. Juga pastikan untuk mengenkripsi kredit-kartu dan data pribadi lainnya dalam database Anda. Dengan cara ini bahkan jika database Anda disusupi, data pribadi setidaknya pelanggan Anda tidak dapat dieksploitasi.
4) Pastikan Anda menulis otomatisasi unit test yang secara khusus memverifikasi Anda ke lapisan akses data dan aplikasi terhadap serangan SQL Injection. Dan memberikan lapisan keamanan tambahan untuk menghindari sengaja memperkenalkan bug keamanan yang buruk ke dalam aplikasi Anda.
5) Mengunci database Anda. Jika aplikasi web Anda tidak memerlukan akses ke tabel tertentu, maka pastikan bahwa mereka semua tidak memilik izin untuk itu. Jika hanya read-only maka akan menghasilkan laporan dari tabel hutang account Anda maka pastikan Anda menonaktifkan insert / update / menghapus akses.




0 Response to "Mencegah Website Dari Serangan SQL Injection (SQLI)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel